Cara Akses cPanel menggunakan SSH Key

Kali ini saya akan bahas tentang cara akses cPanel menggunakan SSH key. Namun tidak semua povider hosting tidak mengijinkan untuk akses login ke SSH. Biasanya yang mendapatkan hak akses ssh ini minimal VPS server atau dedicate server.

Baik langsung saja akan saya berikan tutorial cara akses cPanel menggunakan SSH key. Silahkan disimak dengan baik

Persiapan

– Data Login cPanel
– putty (32-bit) atau (64-bit)
– puttygen (32-bit) atau (64-bit)

Jika persiapan diatas sudah ada mari kita langsung kelangkah berikutnya.

Langkah 1

Silahkan download putty dan puttygen, ini adalah aplikasi yang nantinya akan digunakan untuk akses login ke ssh dan untum membuat SSH key. Silahkan download putty dan puttygen sesuai dengan versi di komputer anda.

Langkah 2

Setelah download puttygen, silahkan klik kanan kemudian klik Run as Administrator atau klik open. Maka nanti akan muncul jendela baru seperti dibawah ini.


Lalu silahkan pilih parameters menggunakan SSH-1(RSA) kemudian klik Generate dan tunggu sampai proses selelsai. Proses ini agak sedikit lama, bisa di tinggal dulu buat beli kopi atau gorengan biar ga jenuh :p

Langkah 3

Jika proses diatas sudah selesai maka nanti akan muncul private key yang nanti anda masukan ke cpanel hosting tampilannya seperti dibawah ini.


Copy paste private key hasil generate dari puttygen ke notepad dahulu, kemudian simpan juga hasilnya klik pada tombol Save private key dengan format .ppk beri nama sesuai dengan yang diinginkan contoh loginssh.ppk

Sampai disini peran puttygen sudah selesai, bisa anda tutup jendela puttygen di komputer anda. Kemudian mari kita lanjut ke langkah berikutnya

Langkah 4

Silahkan login ke cpanel hosting anda kemudian klik SSH Access > Manage SSH Keys > Impport Key. Untuk lebih jelasnya silahkan bisa lihat pada gambar dibawah ini.

SSH Access

Manage SSH Keys

Import Key

Paste Private key klik Import

Klik Manage

Klik Authorize

Langkah 5

Langkah selanjutnya yaitu silahkan download putty melalui link yang sudah saya lampirkan diatas. Kemudian setelah didownload silahkan klik kanan kemudian open / run as administrator pada aplikasi puttynya.
Setelah jendela putty terbuka silahkan masukan nama domain dan port, untuk detilenya silahkan bisa tanyakan ke provider hosting anda masing-masing.

Isikan nama domain dan port server

Kemudian pada Kemudian pada bagian connection pilih SSH>auth dan klik browse kemudian pilih file private key yang sudah degenerate sebelumnya, contoh disini file loginssh.ppk

Masukan file private key dengan nama file .ppk

Setelah itu klik Open, dan jika berhasil maka akan diminta untuk memasukan username dan password cpanel anda. Seperti gambar dibawah ini.

Selamat mencoba, semoga tutorial ini bisa membantu.

Jika postingan ini bermanfaat silahkan bisa komen, shared dan subscribe untuk mendapat postingan baru dari blog saya.

Terima kasih ­čśÇ

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Comments

comments

Rahmat